Silabus IPS Kelas 8
KTSP Perangkat Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah: SMP ..............................Kelas: VIII (delapan)Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan SosialSemester: 1 (satu)Standar Kompetensi : 2 Memahami proses kebangkitan nasional.
KompetensiDasarMateriPembelajaranKegiatanPembelajaran*Indikator PencapaianKompetensiPenilaianAlokasiWaktuSumberBelajarTeknikBentuk InstrumenContohInstrumen
2.1Menjelaskan proses perkembangankolonialismedanimperalismeBarat, serta pengaruh yangditimbulkannya di berbagaidaerahKebijakan-kebijakan pemerintah,kolonialPengaruh yangditimbulkan olehkebijakan – kebijakan pemerintah kolonialdi berbagai daerahBentuk –bentuk perlawanan rakyatdalam menentangkolonialisme Baratdiberbagai daerahDaerah-daerah persebaran agama NasraniMembaca referensitentang contohkebijakan-kebijakan pemerintah kolonialMenelaah pengaruhyang ditimbulkanoleh kebijakan-kebijakan pemerintah kolonialdi berbagai daerahdengan diskusikelompok
•
Mengidentifikasikebijakan-kebijaka pemerintah kolonial
•
Mengidentifikasi pengaruh yangditimbulkan olehkebijakan – kebijakan pemerintah kolonialdi berbagai daerah
•
Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyatdalam menentangkolonialisme Baratdiberbagai daerahTes tulisTes tertlisTes tulisTes UraianTes UraianTes pilihangandaUraikan kebijakan yangdikeluarkan pada masa pemerintahan Daendels,Raffles, Sistem TanamPaksa dan sistemLiberalismeJelaskan pengaruh yangditimbulkan olhkebijakan –kebijakan pemerintah kolonialdiberbagai daerahPenyebab perang Banjar ialah ....a.perebutan kekuasaandi istana b.Belanda campur tangan urusan istanac.Belanda merebut pertambangan batubarad.Belanda menduduki6 JPBukusumber yangrelevanAtlas sejarahLukisansejarahFoto dangambar MusiumMasyarakat
Silabus Pembelajaran Pembelajaran Mapel Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII-IX/Semester 1-2
81
Komentar
Posting Komentar